-->

Permasalahan Manajemen Sumber Daya Manusia di Indonesia

Pada kali ini saya akan memberikan infromasi mengenai permasalahan manajamen sumber daya manusia di Indonesia yang sedang banyak dialami masyarakat.

Di saat pandemi seperti sekarang, mencari pekerjaan sangatlah sulit untuk semua orang, baik muda maupun yang sudah berusia.

permsalahan manajemen sumber daya manusia di indonesia

Hal itu dikarenakan pembatasan mobilitas yang dilakukan olehe pemerintah agar memotong rantai penyebaran virus.

Akan tetapi, kesulitan mencari pekerjaan tidak hanya disebabkan oleh pandemi yang tengah berbahaya saat ini.

Suatu perusahaan besar pastinya memilih calon karyawan yang diharapkan bisa diandalkan untuk ditempatkan di berbagai bidang untuk memajukan perusahaan.

Tidak hanya karyawan saja yang harus bisa di berbagai hal, para atasan juga harus bisa menyeleksi calon karyawan terutama di bagian manajemen sumber daya manusia.

Seringkali para HRD atau atasan yang menyeleksi karyawan melakukan kesalahan pada suatu pekerjaan yang membuat perusahaan mengalami penurunan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan membahas dan menjelaskan tentang Permasalahan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Indonesia.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Sebelum membahas mengenai permasalahan sumber daya manusia pada pembahasan kali ini, alangkah baiknya anda memahami terlebih dahulu pembahasan dari manajemen sumber daya manusia itu sendiri.

Sumber daya manusia merupakan Salah satu sumber daya yang paling penting dalam suatu organisasi maupun perusahaan, atau bisa diartikan sebagai tenaga kerja di suatu perusahaan.

Sumber daya manusia sangat berpengaruh di bagian produksi suatu produk pada perusahaan yang mempengaruhi angka produksi.

Permasalahan Manajemen Sumber Daya Manusia di Indonesia

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, jika di Indonesia sendiri para HRd seringkali melakukan kesalahan saat menyeleksi sumber daya manusia.

Tanpa berlama-lama saya akan menjelaskan dan membahas pembahasan utama pada kali ini. Berikut penjelasannya.

Menganggap Remeh Pelatihan SDM

Perusahaan di Indonesia seringkali mengabaikan hal ini dan menganggap pelatihan SDM tidaklah penting dan hanya diberikan waktu 3 sampai 6 bulan untuk masa pelatihan atau training.

Padahal, dengan melakukan pelatihan yang memumpuni dan waktu yang cukup, maka akan bisa meningkatkan nilai SDM pada perusahaan tersebut.

Gegabah Merekrut Karyawan Baru

Setiap perusahaan pastinya membutuhkan karyawan baru untuk mendapatkan pembaharuan tenaga kerja.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang masih menggunakan cara kotor yaitu nepotisme atau orang dalam sehingga perekrutan karyawan baru  tidaklah sesuai ekspektasi atasan.

Jika hanya mengandalkan orang dalam perusahaan, tidak pasti juga jika orang yang diajak mempunyai skill yang memumpuni dalam perusahaan tersebut.

Persyaratan Perekrutan SDM Yang Kurang Sesuai

Hal ini yang paling tidak disukai oleh beberapa calon karyawan yang membuat penilaian terhadap perusahaan tersebut menurun.

Salah satu contoh yang sering ditemui adalah “membutuhkan karyawan lulusan terbaru, akan tetapi mempunyai pengalaman lebih dari satu tahun”

Persyaratan tersebut bisa dilihat tidak masuk akal bagi Sebagian orang yang tidak memahami maksud dari persyaratan tersebut.

Mungkin saja maksud dalam pengalaman tersebut tidak harus di bagian yang dilamar, bisa saja pengalaman di dalam dunia kerja di bidang apapun.

Melakukan PHK Secara Sembarangan

Seringkali, atasan perusahaan mengeluarkan para pegawai atas dasar masalah personal atau pribadi yang menyebabkan kehilangan salah satu sumber daya manusia yang berharga.

Jika alasan dikarenakan performa kerja yang kurang baik, maka sangat penting untuk memberikan peringatan atau pengeluaran jika peringatan yang sudah diberikan tidak diperhatikan.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan dan penjelasan yang bisa saya berikan mengenai Permasalahan Sumber daya manusia di Indonesia. Semoga pembahasan pada kali ini dapat bermanfaat dan membantu anda.