-->

Jenis-Jenis E Commerce Menurut Para Ahli

Ingin tahu apa saja jenis-jenis e commerce menurut para ahli? untuk bisa mengetahuinya, simak informasi lengkapnya pada berikut.

jenis-jenis e commerce menurut para ahli

Di zaman globalisasi ini, banyak sekali usaha-usaha yang dilakukan secara online atau daring. Banyak sekali perdagangan barang maupun jasa yang dilakukan di internet. Salah satu kegiatan tersebut adalah perdagangan atau pemasaran.

Suatu kegiatan pemasaran, baik jasa maupun barang disebut e commerce. Akan tetapi, apakah anda tahu jika E commerce memiliki banyak jenis? Tidak sedikit orang yang belum mengetahui tentang permasalahan ini.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis e commerce menurut para ahli.

Apa Itu E Commerce?

Sebelum membahas topik utama pada pembahasan kali ini, alangkah baiknya jika anda memahami terlebih dahulu pengertian dari E Commerce.

E Commerce merupakan sebuah pemasaran berupa barang atau jasa yang dilakukan dengan menggunakan sistem elektronik. E Commerce merupakan industri yang melibatkan data,sistem,manajemen yang dijalankan secara otomatis.

Sederhananya, E Commerce merupakan proses pembelian barang atau jasa secara elektronik. Atau hampir sama dengan belanja online. Anda tidak perlu datang ke toko hanya untuk membeli langsung produk yang diinginkan.

Baca juga: Apa Itu Paid Promote IG? Berikut Penjelasannya

Jenis-Jenis E Commerce Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa jenis E Commerce yang harus anda ketahui. Jenis-jenis E Commerce tersebut diantaranya:

Collaborative Commerce

Jenis e commerce pertama adalah Collaborative Commerce yang merupakan kerja sama yang dilakukan oleh sesama rekan bisnis. 

Business To Business Commerce

Transaksi ini hampir mirip dengan collaborative commerce, hanya saja jika business to business commerce dilakukan dengan perusahaan bisnis yang berbeda namun sama-sama memiliki kepentingan agar memperoleh keuntungan yang maksimal.
Salah satu contoh dari E commerce business to business adalah hubungan yang dijalin antara produsen dan supplier.

E Commerce Business to Consumer

Transaksi ini dilakukan oleh pelaku bisnis dan konsumen. Transaksi ini merupakan transaksi yang sama dengan jual beli biasa dan juga saling menguntungkan sesame kedua belah pihak.

Jika Konsumen mendapatkan iklan produk yang ditawarkan pelaku bisnis, maka pelaku bisnis akan memperoleh keuntungan tambahan.

E Commerce Consumer to Consumer

Sesuai dengan namanya, jenis e commerce ini merupakan salah satu seorang konsumen bisa menjual produk kepada konsumen lainnya.


E Commerce Consumer to Business

Transaksi ini merupakan kebalikan dari business to consumer. Sebab dalam transaksi ini, konsumen memberitahukan produk yang diperlukan terhadap pelaku bisnis. Kemudian para pelaku bisnis akan saling bersaing untuk menjadi pemasok konsumen tersebut.

E Commerce Government to Citizens and to Others

Pemerintah juka bisa ikut andil dalam e commerce. Pemerintah bisa menyediakan layanan yang dibutuhkan masyarakat melalui metode ini. Pemerintah juga bisa melakukan transaksi dengan pemerintah yang lain.

Mobile Commerce

Mobile Commerce merupakan jenis e commerce yang dilakukan tanpa kabel atau wireless. 

Penutup

Di atas merupakan penjelasan mengenai Jenis-Jenis E Commerce menurut para ahli. Semoga pembahasan yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi anda.