-->

Cara Membuat Bot di Whatsapp Business Tanpa Aplikasi

Cara membuat bot di WhatsApp Busniess sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, namun belum banyak orang yang mengetahuinya.

cara membuat bot di whatsapp business

WhatsApp merupakan salah satu platform media sosial di dunia. WhatsApp seringkali dijadikan untuk media untuk menyalurkan bisnis yang dimiliki oleh pebisnis.

Akan tetapi, terkadang bagi anda yang mengelola bisnis pastinya tidak mempunyai waktu untuk merespon para pembeli. Untuk itu, banyak sekali orang-orang yang memanfaatkan bot untuk merespon pembeli.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas serta menjelaskan bagaimana cara membuat bot di whatsapp business. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Bot Whatsapp?

Sebelum membahas topik utama pada pembahasan kali ini, alangkah baiknya anda memahami terlebih dahulu tentang bot whatsapp.

Bot Whatsapp merupakan suatu software atau program yang anda buat untuk tujuan tertentu. Biasanya digunakan untuk pebisnis untuk menjawab pesan secara otomatis.

Jawaban atau respone dari Whatsapp, bisa anda buat sendiri dan disesuaikan dengan tanggapan buyer atau pembeli. Jawaban tersebut tergantung dari kalimat yang anda masukkan ke dalam database.

Melakukan Pendaftaran API Whatsapp Business

Sebelum bisa membuat bot Whatsapp, anda harus melakukan pendaftaran API Whatsapp terlebih dahulu. Dan juga, saat anda melakukan verifikasi pastinya membutuhkan beberapa dokumen pribadi anda serta dokumen usaha.

Dengan melakukan pendaftaran di API, anda akan mendapatkan beberapa keuntungan atau fitur yang tidak ada di whatsapp business biasa.

Cara Membuat Bot Di Whatsapp Business

Sebenarnya banyak cara untuk membuat bot di whatsapp serta memakan waktu yang cukup lama. Akan tetapi, ada cara yang cukup mudah digunakan tanpa perlu membuat PHP,HyoerText, dan lain-lain.

Cara itu yaitu dengan bermitra dengan partner official whatsapp yaitu Qontak.com. Berikut caranya.
  • Bermitra dengan Whatsapp official partner Indonesia qontak.com
  • Verifikasi Akun Bisnis
  • Aktifkan nomor dan isi profil
  • Menyusun Template Alur Percakapan chatbot
  • Submit percakapan ke qontak.com
  • Lakukan Uji coba.

Keuntungan Menggunakan Bot Whatsapp

Setelah berhasil membuat bot whatsapp, pastinya terdapat keuntungan serta manfaat yang didapat. Berikut keuntungan menggunakan bot whatsapp.

Dapat Mempermudah Penjual Dalam Mengatasi Pembeli

Dengan membuat bot, penjual tidak perlu lagi jawaban serta respon penjual di berbagai aplikasi atau platform lainnya. Pembeli hanya perlu komunikasi kepada penjual lewat whatsapp saja.

Menghemat Biaya Pelayanan

Anda tidak perlu mempekerjakan pegawai pendukung hanya untuk memberikan respon saja. Dengan begitu, anda dapat menghemat biaya pengeluaran. Meskipun Cuma beberapa persen saja.

Aman

Seperti yang kita tahu, Whatsapp menggunakan enkripsi end-to-end. Sehingga pesan hanya bisa dibaca oleh pengguna atau pemilik pesan saja.

Efisien

Rata-rata, penjual membutuhkan waktu beberapa menit untuk melayani satu pembeli. Dengan menggunakan bot whatsapp, anda bisa melayani banyak pelanggan di saat yang bersamaan. Pastinya hal ini dapat mempercepat penjualan anda.

Penutup

Demikianlah pembahasan yang bisa saya berikan mengenai cara membuat bot di whatsapp business. Semoga dapat membantu serta dapat mempermudah pekerjaan anda.