-->

5 Metode Pengendalian Biaya Bahan Baku yang Perlu Anda ketahui

Metode Pengendalian Biaya Bahan Baku yang Perlu Anda ketahui - Apakah bisnis Anda beroperasi di sektor manufacturing? Perusahaan yang beroperasi di sektor manufacturing aktivitas intinya ialah hasilkan produk jadi tentu memerlukan bahan baku sebagai bahan penting untuk membikin produknya.

5 Metode Pengendalian Biaya Bahan Baku yang Perlu Anda ketahui

Bahan baku sebagai bahan yang penting karena tentukan proses produksi. Hingga dibutuhkan pengaturan untuk pastikan bahan baku yang berada di perusahaan memenuhi produksi di tahun jalan.

Karena sama seperti yang kita mengetahui bila bahan baku terlalu berlebih karena itu tidak bagus karena ongkos yang dikeluarkan pun tidak efektif, tapi bila bahan baku kekurangan hal tersebut tidak bagus karena punya pengaruh pada penghasilan atas pemasaran masa itu.

Oleh karenanya Anda perlu lakukan pengaturan ongkos bahan baku, supaya bahan baku ada pada saat yang pas lewat sumber terbaik dan jumlah, harga, dan kualitas tepat. Ada lima sistem untuk lakukan pengaturan ongkos bahan baku. Maksudnya ialah supaya proses produksi jalan secara lancar dan ongkos atas bahan baku efektif. Adapun metode nya sebagai berikut :

1. Metode Order Cycling

Metode order cycling sebagai sistem pengaturan bahan baku dengan lakukan ulasan secara periodik. Misalkan sebulan sekali, atau 3 bulan sekali. Periode waktu untuk me-review seharusnya disamakan dengan tipe bahan baku.

Bahan baku yang perlu atau cepat busuk seharusnya dilaksanakan ulasan dengan kerap (periode waktu pendek) dibandingkan bahan baku yang kurang penting atau yang tahan lama. Di saat lakukan ulasan, Anda dapat membuat lis pemesanan bahan baku hingga bahan baku yang diminta akan sesuai yang diperlukan dan ongkos bahan baku jadi lebih efektif.

2. Metode The Mix-Max

Metode pengaturan bahan baku ini didasari pada anggapan jika stok bahan baku ada pada dua tingkat, yakni tingkat maksimal dan tingkat minimal. Langkah kerjanya, Anda harus tentukan tingkat minimal dan tingkat maksimal lebih dulu.

Selanjutnya, apabila sudah diaplikasikan karena itu di saat stok sampai di tingkat minimal, Anda bisa lakukan pemesanan bahan baku hingga bahan baku akan ke arah tingkat maksimal. Sistem ini pastikan jika stok bahan baku selalu memenuhi, supaya pemasaran bisa jalan secara lancar.

3. Metode The Two-bin

Metode ini diaplikasikan pada tipe bahan baku yang harga murah (relatif murah). Sistem ini membagikan/pisahkan bahan baku jadi dua sisi. Pertama, bahan baku yang bakal dipakai sepanjang masa saat bahan baku diterima dan saat pemesanan dilaksanakan. Ke-2 , bahan baku yang dipakai pada masa saat pemesanan dan pengangkutan. Pemesanan bahan baku dilaksanakan di saat bahan baku sisi pertama kali telah dipakai. Hingga ongkos bahan baku jadi efektif dan efisien.

4. Metode The Automatic Order System

The automatic order sistem atau kerap disebutkan sistem pemesanan automatis ialah sistem pengaturan bahan baku yang automatis akan lakukan pemesanan bahan baku bila stok ada sampai jumlah tingkat pemesanan kembali. Sistem ini akan bekerja dengan maksimal bila memakai kontribusi computer untuk lakukan administrasi stok bahan bakunya.

5. Metode ABC (The ABC Plan)

Metode ABC kerap dipakai oleh beberapa perusahaan dengan jumlah besar yang mempunyai jumlah stok banyak dan dengan nilai yang berbeda. Pengaturan bahan baku yang nilainya tinggi berlainan dengan stok yang nilainya rendah.