-->

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Mengubah Sistem Software Akuntansi

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengubah sistem software akuntansi untuk menghindari resiko terjadinya kesalahan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Mengubah Sistem Software Akuntansi

Ketika bisnis berkembang cepat dan kemungkinan Anda ingin memilih untuk mengganti usaha jadi satu perusahaan Go-Public, Anda pasti wajib melakukan peralihan-perubahan mekanisme, satu diantaranya mekanisme keuangan. Anda perlu menukar atau meng-update paket software akuntansi terbaik yang Anda pakai, supaya sesuai keperluan perubahan perusahaan yang berbeda.

Kemungkinan Anda pun ingin coba gabungan di antara Software Management seperti ERP (Enterprises Resource Rencana) dengan Software Akuntansi Anda. Pokoknya, peralihan-perubahan yang Anda kerjakan diharap akan tingkatkan skalabilitas dan elastisitas saat lingkungan usaha Anda yang kompleks sedang berkembang.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lihat dan pikirkan saat akan mengganti atau meng-update Software Akuntansi. Memilih untuk menukar atau meng-update Software Akuntansi akan logis bila Anda berasa mekanisme yang Anda pakai sekarang ini dirasakan kurang memenuhi keperluan usaha atau perusahaan yang sudah berkembang cepat.

Banyak beberapa perusahaan berasa takut untuk melangsungkan peralihan mekanisme karenanya akan makan banyak tenaga dan waktu dan kemungkinan dapat mengusik kegiatan usaha yang jalan. Namun, proses peralihan pasti berharga pada akhirannya, dituruti dengan jalur rencana peralihan mekanisme yang terancang dan teratur rapi.

Coba untuk membikin penskalaan keperluan akuntansi apa yang kiranya perlu Anda tukar atau up-date. Lantas tanya pada berlangganan supplier Software Akuntansi yang Anda pakai. Bila supplier itu tidak sediakan paket peralihan atau up-date Software Akuntansi yang sesuai keperluan baru usaha Anda, karena itu Anda perlu cari kembali supplier yang tawarkan paket yang sesuai keperluan usaha dan tentu saja bujet usaha Anda.

Berikut Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Mengubah Sistem Software Akuntansi


Pilih Penyedia atau Vendor Software Akuntansi yang Tepat


Ada perbedaan keperluan saat Anda memakai Software Akuntansi untuk ukuran perusahaan yang semakin besar. Ada beragam kualitas dan feature yang perlu dicari dan disamakan dalam jalan keluar Software Akuntansi baru Anda dan beberapa beberapa langkah pengatasan untuk pastikan mekanisme baru yang Anda aplikasikan sukses dimanifestasikan.

Tentukan supplier Software Akuntansi yang tawarkan support tehnis dan paket yang bisa disamakan dengan keperluan usaha atau perusahaan dan tentu saja biaya anggaran untuk sewa paket Software Akuntansi itu.

Yakinkan untuk konsultasi lebih dulu dengan supplier satu produk Software Akuntansi yang ingin Anda sewa untuk ketahui dan menyamakan apa yang bakal jadi kebutuhan usaha Anda. Walau kemungkinan memerlukan semakin banyak tenaga dan waktu, mengganti atau meng-update Software Akuntansi ialah cara besar dan jangan dipandang mudah.

Fokus pada Proses Migrasi Data Kepada Sistem Baru dan Pelatihan Pada Staff atau End-User Anda

Sistem akuntansi yang Anda gunakan awalnya kemungkinan berkesan ‘ketinggalan jaman'. Penting untuk Mentransfer semua data catatan akuntansi dari mekanisme lama ke mekanisme baru. Saat lakukan prosesnya, kemungkinan bisa menjadi permasalahan saat Anda tidak memetakkan atau mengklasifikasikan beberapa jenis transaksi bisnis pada catatan akuntansi lama Anda.

Tetapi, dengan rencana yang kompak dan teratur, migrasi dari mekanisme lama ke arah mekanisme baru bisa berjalan lancar. Saat tangani ide mengganti atau meng-update Software Akuntansi, proses migrasi harus jadi fokus utama khusus.

Contohnya seperti bagaimana agar info lama dapat divalidasi dalam sistem baru dan hindari kejadian error ketika proses migrasi dilakukan.

Melatih staff akuntan Anda supaya terlatih dengan mekanisme dari Software Akuntansi yang baru pun tidak bisa Anda terlewat dari fokus Anda saat mekanisme telah diperbaharui. Semua departemen yang terpadu dalam elemen Software Akuntansi yang baru perlu Anda latih. Sesudah mekanisme baru diaktifkan, kerjakan eksperimen secara berulang-ulang. Cari anjuran atau saran dari semua End-User yang turut serta supaya pemerlakukan mekanisme baru Anda betul-betul 100% sukses.

Pertimbangan untuk Menjalankan Integrasi Sistem Baru dan Lama secara Paralel


Anda mungkin saja ingin menimbang lajur integratif paralel dengan jalankan mekanisme Software Akuntansi lama dan mekanisme Software Akuntansi baru secara terpisah.

Walau terdengar sulit, sudah pasti ini menjadi jalan keluar yang pantas bila mekanisme baru kemungkinan belum berperan dengan optimal, diimbangi dengan menanti kapan saatnya Anda betul-betul siap untuk tinggalkan mekanisme lama Anda.

Dengan jaga ke-2 mekanisme ini jalan, ucapkanlah minimal 3 bulan, Anda bisa secara mudah menyaksikan dan mengawasi bagaimana semua proses mekanisme bekerja. Ini bisa hilangkan beragam permasalahan yang mempunyai potensi ada saat sebelum Anda seutuhnya tergantung pada mekanisme Software Akuntansi baru.

Melangsungkan peralihan untuk mekanisme keuangan Anda satu kali lagi kemungkinan memerlukan tenaga dan waktu lebih. Tetapi saat Anda sukses mendapati kesesuaian pemakaian Software Akuntansi yang sesuai keperluan baru perusahaan atau usaha, ini akan membuat lancar jalur kerja keuangan Anda nantinya.

Sebagai salah satunya pilihan penyeleksian supplier Software Akuntansi, Anda dapat menimbang Jurnal. Jurnal ialah Software Akuntansi berbasiskan Cloud dan realtime yang sediakan beragam paket opsi feature akuntansi yang pas dengan keperluan usaha Anda.