-->

Cara Mengelola Keuangan Bisnis Kecil Anda Agar Lebih Efisien

Apakah anda bingung bagaimana cara mengelola keuangan bisnis kecil anda agar lebih efisien? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

cara mengelola keuangan bisnis

Menjalankan sebuah bisnis, benar-benar sarat dengan pasang kering dan banyak memiliki rintangan dalam soal pengendalian, terhitung pengendalian keuangan. 

Untuk pemilik usaha kecil, pengendalian keuangan yang berkesan sedikit, kadang malah jadi bumerang saat proses akuntansinya tidak secepatnya di management dan dirampingkan dari sejak awalnya usaha.

Oleh karenanya, untuk menghindar ada kekeliruan penghitungan pada periode pembayaran pajak dan pengajuan modal tambahan atau investasi, karena itu sebaiknya tiap usaha mulai pikirkan keperluan pengendalian keuangan dengan kontribusi neraca keuangan dan pendataan akuntansi secara efektif lewat panduan berikut ini.

Cara Pengelolaan Keuangan Bisnis Kecil Anda Agar Lebih Efisien

Gunakan Smartphone Anda Untuk Pembukuan


Pastikan Anda memakai piranti lunak pembukuan untuk mencari penghasilan dan pengeluaran lewat handphone saat Anda pergi. 

Dengan mekanisme pembukuan yang dapat dijangkau dari manakah saja, Anda akan tertolong untuk pastikan tidak ada pengeluaran usaha yang tidak bisa di-claim atau terdaftarkan selekasnya sepanjang diperjalanan.

Dengan pemakaian program akuntansi online seperti Jurnal mobile lewat handphone, Anda seperti bawa pendamping pembukuan Anda kemana saja Anda pergi. 

Merekam semua transaksi bisnis lewat program mobile menolong akuntan Anda untuk mengurus keuangan Anda dengan lebih bagus. Bisa memakai handphone Anda bersama dengan cloud akunting memungkinkan akses realtime ke data keuangan Anda, yang dapat disimpulkan sebagai management setiap hari yang lebih bagus.

Pastikan Anda Dapat Mengklaim Semua Biaya yang Dibolehkan


Manajemen biaya yang tepat adalah pelajaran terpenting untuk usaha kecil, tetapi walau banyak sekali dari pebisnis tetap tidak percaya ongkos apa yang bisa dan tidak bisa di-claim.

Bila bicara mengenai pajak dengan hubungan ongkos yang dapat di-claim, karena itu langkah paling mudah untuk kurangi pajak dengan menulis, simpan bukti pembayaran dan ketahui ongkos sebetulnya sepanjang proses jalankan perusahaan.

Tidak boleh kehilangan pertanda terima, karena dalam beberapa pertanda terima itu telah tercantum pajak yang sudah Anda bayarkan lewat PPN setiap pembelian, hingga di masa datang, Anda bisa lakukan claim untuk terima pengurangan pajak. Masukan bukti pembayaran ke folder (manual atau electronic) dan berikan cap dengan tanggal-tanggal penyisihan sesuai ketentuan pajak.

Dengan folder atau pendataan pengelompokan, Anda akan mempunyai info yang pas saat diperlukan tapi tidak terkacaukan dengan folder pembayaran yang telah dipakai untuk perhitungan pajak awalnya.

pembukuan keuangan


Hindari menunda pembukuan, dan sebagai tukarnya, yakinkan semua catatan Anda telah diperbaharui. Alihkan semua pertanda terima atau taruh dalam amplop untuk tiap keuangan yang sudah dikeluarkan. 

Tidak boleh tunda timbunan pertanda terima yang berada di meja. Pinggirkan waktu sepanjang 1/2 jam satu minggu untuk jaga pendataan akuntansi Anda dengan teratur. Pembukuan terbaik dilaksanakan saat bukti transaksi bisnis masih tetap sedikit dan kerap.

Dengan lakukan pengujian dan pendataan dengan teratur, proses pembukuan bukan hanya memerlukan waktu semakin sedikit, tapi juga memungkinkan Anda untuk jalankan perusahaan berdasar info terbaru yang bakal memberikan perusahaan Anda kesempatan terbaik untuk sukses.

Tunjuk Penasihat Pajak


Pakai jasa seorang akuntan atau software akuntansi keuangan. Seorang akuntan akan memberikan anjuran mengenai di mana pajak bisa ditaruh dan pastikan client manfaatkan sokongan yang ada.

Cari seorang akuntan atau jasa penyuplai service akuntansi yang mempunyai paket komplet dari pembukuan, rekonsiliasi, penghitungan sampai pengembalian pajak dan diskusi keuangan untuk efektivitas dan merampingkan permasalahan akuntansi Anda.

Berbicara dengan Akuntan Secara Berkala


Ketika Anda menimbang beberapa proyek baru, seorang akuntan akan memberitahukan Anda apa project itu sudah penuhi persyaratan untuk mendapat kemudahan pajak dan apa Anda bisa mengeklaim saat ini atau menantinya sampai tahun akhir.

Yakinkan Anda menyempatkan diri untuk berjumpa dengan penasihat pajak dengan teratur hingga Anda bisa menimbang semua kesempatan prospektif yang ada untuk Anda untuk kurangi kewajiban pajak dan membuat gagasan di depan.

Di Jurnal software akuntansi online, kami sediakan service lengkap yang berkaitan dengan pengendalian keuangan, penyimpanan bukti pembayaran secara automatis lewat Jurnal Snap, perhitungan pajak, atau integratif pada service diskusi keuangan bersama beberapa konselor partner kami.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai cara mengelola keuangan bisnis kecil anda agar lebih efisien. Diharapkan artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terimakasih.