-->

Cara Cerdas dan Aman Investasi Online yang Harus Anda Ketahui

Pada zaman teknologi seperti saat ini investasi online merupakan salah satu cara yang bisa anda coba untuk menghasilkan income tambahan. Berikut cara cerdas dan aman investasi online yang harus anda ketahui.

Cara Cerdas dan Aman Investasi Online yang Harus Anda Ketahui

Tidak dapat disangkal perubahan internet sekarang benar-benar punya pengaruh pada aspek kehidupan. Tidak kecuali di dunia ekonomi dan usaha. Selainnya usaha online, investasi online juga disukai. 

Mengarah pengertiannya, investasi online sebagai satu aktivitas penanaman modal yang diharap mendapat keuntungan di masa datang dengan memakai koneksi internet (online). Triknya yang gampang, penghasilan yang lumayan menjanjikan, modal yang sedikit, dan jadikan Anda seorang investor sebagai beberapa argumen untuk pilih tipe investasi online.

Terakhir ada permasalahan bila ‘investasi online tidak aman'. Tersebarnya beberapa berita mengenai keberhasilan investasi online pun tidak tutup bukti lain jika ada orang yang kehilangan modal dan usai dengan keinginan palsu. Walau sebenarnya sama seperti yang kita kenali bersama, investasi online diproteksi oleh mekanisme keamanan dan pengendalian yang professional. Lantas, kenapa dapat terjadi? Apa pemicunya?

Rupanya ada banyak hal yang mengakibatkan orang jadi rugi. Ada pemahaman investor yang berasumsi jika investasi online sebagai langkah cepat memperoleh keuntungan besar, mengakibatkan mereka terpikat pada bujukan pada pelaku-oknum nakal dan investasi bodong. Alih-laih memperoleh untung yang besar justru mereka dikelabui dan tidak untung. Tetapi, tidak ada kelirunya Anda coba lakukan investasi online. 

Berikut panduan supaya Anda masih tetap aman dalam melakukan investasi online


Pastikan Aspek Legalitasnya


Hal pertama yang harus Anda kerjakan bila ingin melakukan investasi yaitu memastikan instansi atau tempat investasi online mempunyai validitas yang bagus. Selainnya lembaganya, tipe produk investasi yang disukai harus juga dicheck lebih dulu. Instansi yang legal umumnya akan memperoleh kesepakatan dari Kewenangan Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki badan hukum. Untuk produk investasi sama, produk akan memperoleh info kesepakatan dari OJK dan umumnya akan tercantum di website instansi atau perusahaan.

Untuk menyaksikan perusahaan atau instansi apa yang tercatat dan dipantau oleh OJK Anda bisa memeriksanya di web OJK. Anda dapat memberikan laporan instansi atau perusahaan investasi bodong ke OJK. Hingga Anda bisa menahan korban penipuan investasi bodong.

Keuntungan yang Wajar


Salah satu hal yang penting untuk jadi perhatian dalam melakukan investasi ialah keuntungan yang dijajakan. Salah satunya beberapa ciri instansi investasi yang aman ialah penawaran keuntungan yang lumrah. Bila Anda diberi janji untung yang tinggi dalam saat yang singkat, seharusnya Anda waspada.

Keuntungan lumrah yang umumnya ditawari oleh beberapa produk investasi seperti reksa dana, obligasi, atau saham umumnya sekitar di antara 10% - 20% tiap tahunnya. Investasi bodong umumnya akan tawarkan semakin tinggi dari angka itu, contoh 50% /tahun. Bila di nalar saja tidak logis kan? Investasi bukan sebuah sulap yang jadi langsung saat itu juga, ia memerlukan proses dan waktu. Oleh karenanya, jangan sampai tergesa-gesa dalam putuskan investasi dengan menyaksikan keuntungan.

Memahami Produk dan Skema Investasi


Lembaga legal tentu pahami beberapa produk yang mereka pasarkan. Mereka akan menerangkan dengan detail produk yang mereka punyai ke calon investornya. Info yang umumnya diberi seperti jumlah atau besarnya dana, saluran dana dan keuntungan yang bakal diberi.

Anda sebagai calon investor seharusnya pahami beberapa jenis produk investasi. Tidak boleh cuman tergantung pada keterangan perusahaan, bila Anda tidak pahami sedikit saja Anda akan gampang untuk dikelabui. Dan janganlah lupa untuk bertanya segala hal berkaitan investasi Anda sampai sejelas mungkin.

Struktur Organisasi Perusahaan Jelas


Perusahaan investasi yang dapat dipercaya mempunyai susunan organisasi yang terang. Seharusnya saat sebelum putuskan investasi, cari info info reputasi perusahaan itu di internet. Bila perusahaan atau instansi mempunyai rekam jejak yang bagus karena itu bisa banyak info, ulasan dan referensi dari beberapa orang. Dari sisi susunan organisasi, info seperti alamat, info lain seperti kantor dan yang lain Anda check di situs. Atau bila perlu Anda lakukan survey lokasinya.